Eksistensi diri Kaum Muda Indonesia dalam Forum International MY SUMMIT 2010 “The Official G20 Youth Summit” di Toronto, Kanada

Indonesia patut berbangga atas keberhasilannya mengirimkan delegasi pemuda pemudi-nya dalam forum MY SUMMIT 2010 “The Official G20 Youth Summit” di Toronto, Kanada dari tanggal 25-28 Juni 2010 silam. Kegiatan MY SUMMIT 2010 tersebut dirancang oleh Global Vision, yakni sebuah organisasi non-profit asal Kanada bekerjasama dengan pemerintah Kanada sebagai bentuk apresiasi peran pemuda dalam melakukan suatu perubahan, khususnya di bidang ekonomi. Dalam forum tersebut, para perwakilan kaum muda dari ke-19 negara anggota kelompok G-20 berkesempatan untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai topik-topik yang hangat dalam perekonomian dunia. Topik-topik seperti krisis ekonomi global, perbankan, dan entrepreneurship, juga menjadi agenda dalam pertemuan para pemimpin kelompok G-20 di forum terpisah.

Berbicara tentang profil tujuh mahasiswa yang terpilih, penyeleksian peserta awalnya dilaksanakan oleh Global Vision dengan memilih tujuh karya esai terbaik yang dikirimkan oleh calon peserta dari setiap negara. Para pemuda-pemudi yang beruntung terpilih dari Indonesia adalah Agung Pamungkas, Muhamad Iman Usman, Muti Dewitari, Olivia Dianina Purba, Patrya Pratama, Riza Aryani (ke-enamnya adalah mahasiswa/i jurusan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia) dan Ari Dwi Susanto (mahasiswa jurusan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta). Pengalaman ini merupakan suatu kebanggaan yang tidak ternilai bagi pemuda-pemudia tersebut, sebab dapat bertatap muka secara langsung dengan para inspirator dan pemimpin utama dari 19 negara yang memiliki peran penting dalam tatanan ekonomi politik internasional, seperti Presiden AS Barack Obama, Presiden Cina Hu Jintao, termaksud Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, dalam hal ini Kemendiknas (program Beasiswa Unggulan), Kemenpora, Kemendag, dan Kemenlu, yang senantiasa selalu mengkoordinasikan perkembangan terbaru mengenai G20, mendorong para wakil pemuda-pemudi Indonesia tersebut untuk mempersiapkan substansi dan materi secara maksimal. Sebagai generasi merah putih yang dipersiapkan untuk memimpin Indonesia di masa depan, tentunya para delegasi Indonesia tersebut mempunyai harapan yang besar atas keterlibatan mereka langsung di pertemuan pemuda-pemudi anggota negara G20 ini. Menurut mereka, forum ini selain berguna untuk memberikan inspirasi bagi anak muda Indonesia untuk terus berprestasi, juga dapat berguna sebagai pemicu agar kaum muda memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Pada hari terakhir pelaksanaan MY SUMMIT, para delegasi Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan bertata krama dengan Bapak Presiden SBY dan Ibu Ani serta beberapa tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Bapak Agus Martowardojo (Menteri Keuangan), Bapak Mahendra Siregar (Wakil Menteri Perdagangan), Bapak Marty Natalegawa (Menteri Luar Negeri RI), Ibu Mari Elka Pangestu (Menteri Perdagangan RI), Ibu Dienne Hardiyanti (Duta Besar Indonesia untuk Ottawa), dan Bapak Hatta Rajasa (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian). Tidak semua pemuda-pemudi Indonesia mendapat kesempatan bertemu dan berbincang dengan para tokoh penting Indonesia. Oleh karena itu, momentum MY SUMIIT merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi para delegasi pemuda Indonesia.

Keikutsertaan delegasi muda Indonesia dalam MY SUMMIT 2010, selain dapat menunjukan eksistensi negara Indonesia dalam forum G20, juga dapat memberikan citra positif untuk masyarakat dunia bahwa Indonesia serius mengembangkan sumberdaya kaum mudanya dengan berhasil memberangkatkan seluruh delegasi terpilih untuk menghadiri pertemuan tersebut. Selain itu, forum ini juga dimanfaatkan secara maksimal oleh para delegasi Indonesia sebagai wadah untuk menunjukan kepada dunia bahwa generasi Indonesia memiliki suara dalam suatu forum penting dunia. Diharapkan dari forum-forum seperti ini, lahir para generasi muda calon pemimpin bangsa yang mampu menaikkan derajat Indonesia di mata internasional. (anakui.com)

Post a Comment

0 Comments